Monday, October 10, 2011

RG2011... Fw: Keutamaan mempelajari dan mengajar Al-Qur'an

 



----- Original Message -----

Keutamaan mempelajari dan mengajar Al-Qur'an 
 
cyberita

Ustaz Lokman Hakim Haji Hasan

a. Mendapatkan syafa'at di hari qiamat

Dari Abi Umamah ra., ia berkata : "Saya telah mendengar Rasulullah saw., bersabda : "Bacalah oleh kamu sekalian Al-Qur'an, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari Qiamat sebagai penolong bagi para pembacanya." (HR. Muslim)

b. Mendapatkan derajat yang tinggi

Dari ‘Aisyah ra., ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw : "Orang yang membaca Al-Qur'an dengan mahir, akan bersama-sama malaikat yang mulia lagi taat, dan yang membaca Al-Qur'an dengan terbata-bata dan merasa berat, maka dia mendapat dua pahala." (HR. Bukhari)

c. Merupakan ciri keimanan seseorang

Dari Abu Musa Al-Asy'ari ra., ia berkata : Telah berkata Rasulullah saw : "Perumpamaan orang-orang mukmin yang membaca Al-Qur'an, bagaikan buah Utrujjah, harum baunya dan lezat rasanya. Dan perumpamaan orang mu'min yang tidak membaca Al-Qur'an, bagaikan buah kurma, tidak harum baunya dan rasanya manis. Perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur'an, bagaikan bunga, harum baunya dan pahit rasanya. Dan orang munafiq yang tidak membaca Al-Qur'an bagaikan buah Hamdzalah, tidak harum dan rasanya pahit." (HR. Bukhari dan Muslim)

d. Allah akan memngangkat derajatnya

Dari Umar Bin Khatab ra., ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw., : "Sesungguhnya Allah Ta'ala dengan kalam ini, mengangkat beberapa kaum dan merendahkan kaum lainnya." (HR. Muslim)

e. Mendapat kebaikan

Dari Ibnu Mas'ud ra., ia berkata : telah bersabda Rasulullah saw : "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan Alif Lam mim satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan mim satu huruf." (HR. At-Tirmidzi)

f. Mendapatkan kedudukan yang tinggi pada hari Qiamat

Dari'Abdullah bin ‘Umar dan dari Ibnu 'Ash ra., dan Nabi saw : "dikatakan kepada pembawa Al-Qur'an "Bacalah dan naiklah, bacalah sebagaimana kamu membaca di dunia, maka sesungguhnya (tingginya) kedudukan (dicapai) pada akhir ayat yang kamu baca." (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan An-Nasai)

 

2. Keutamaan belajar dan mengajar Al-Qur'an

a. Merupakan amal terbaik

Dari 'Utsman Bin 'Afan ra., ia berkata : bersabda Rasulullah saw : "Sebaik-baik kamu sekalian adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya." (HR. Bukhari)

b. Terhindar dari kehancuran

Dari Ibnu 'Abas ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : "Sesungguhnya orang yang tidak ada sedikitpun dari Al-Qur'an pada rongga mulutnya, bagaikan rumah yang rapuh." (HR. At-Tirmidzi)

c. Mendapat sebaik-baik anugerah Allah

Rasulullah saw bersabda : Allah SWT., berfirman : "Barangsiapa yang sibuk dengan Al-Qur'an (melebihi daripada sibuk) dengan Dzikir dan memohon (berdoa) kepada-Ku, pasti aku akan berikan kepadanya kurnia yang lebih utama dari yang Ku berikan kepada orang-orang yang memohon (berdoa). Dan keutamaan Kalam Allah di atas semua ungkapan, laksana keagungan Allah di atas semua makhluk-Nya" (HR. Tirmidzi)

d. Mendapat keistimewaan dihadapan makhluk

Dari Ibnu Umar ra., dari Nabi SAW., ia bersabda : "Tidak ada hasud yang benar kecuali karena dua hal. Seseorang yang diberi Allah Al-Qur'an , maka ia mengamalnyannya siang maupun malam. Dan seseorang yang diberi harta, maka ia menginfakannya siang dan malam." (HR. Bukhari dan Muslim)

__._,_.___
Recent Activity:
" Minuman para Anbia :  http://higoat-2009.blogspot.com/"

" Anda masih mencari jodoh? Lawati http://www.myjodoh.net"

" Kertas Soalan Ramalan Matematik 2010 :  http://maths-catch.com/exam"

" Kedai Maya : http://halawahenterprise.blogspot.com/"

" Blog Sahabat RG : http://azwandengkil.blogspot.com"

Terima kasih kerana sudi bersama kami. Untuk mendapatkan maklumat lanjut tentang ReSpeKs Group, sila ke : http://respeks-group.blogspot.com.
Segala email yang tersiar melalui Respeks Group adalah tanggungjawab penulis asal email. Owner atau moderator tidak bertanggungjawab ke atas setiap email yang disiarkan dan sebarang dakwa dakwi tiada kena mengena dengan moderator group.

MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment