Friday, November 11, 2011

Re: RG2011... Mengenal 'Kampung' Muslim di China

 

Teringat Cerita Melayu Siti Zubaidah ....dan Syair Siti Zubaidah......yg telah lama mengesan sejarah Muslim Cina dan hubungannya dgn Dunia Melayu melalui cerita rakyat dan Syair


From: roslan mohd <mohroslan@gmail.com>
To:
Sent: Saturday, 5 November 2011 5:49 PM
Subject: RG2011... Mengenal 'Kampung' Muslim di China

 

Mengenal 'Kampung' Muslim di China, yang di maksud china disini adalah negara RRC republik rakyat china.


Spoiler for Sejarah awal:

 

 

 

"Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri China", kata kata ini ini begitu populer bagi siapa saja yang mengenal keindahan dan sejarah budaya China. Bagi umat Muslim seantero dunia, China dikenal sebagai negeri dengan penyebaran Islam yang menarik sekaligus meninggalkan warisan budaya Islam menggagumkan.






Islam masuk ke China lewat jalur perdagangan darat dan laut pada pertengahan abad ke-7. Pedagang-pedagang Arab dan Persia menjalin hubungan dagang dengan penduduk China lewat sebuah jalur, yang dikenal dengan Jalur Sutra. Sejak itulah Islam berkembang di beberapa kawasan di daratan China. Seiring perkembangannya, sejarah Islam di China tak lepas juga dari kepemimpinan Zheng He alias Laksamana Cheng Ho. Zheng dikenal sebagai Muslim taat yang hidup pada zaman Dinasti Ming (1371-1435). Cheng Ho adalah salah satu Muslim berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di China selanjutnya.

Namun seiring perjalanan waktu, penyebaran kaum Muslim di China beberapa kali mendapat rintangan. Di antaranya karena kebijakan politik pemerintah China. Karenanya, mereka selalu merasa menjadi kaum minoritas dengan ditandai munculnya beberapa komunitas yang hidup di sejumlah kawasan. Xijiang adalah kawasan provinsi yang paling banyak dihuni komunitas Muslim di China.


Quote:
Meski hidup sebagai kaum minoritas, komunitas Muslim di China berhasil melestarikan budaya daerah dan peninggalan sejarah budaya Islam, seperti museum, istana, dan masjid. Lebih menarik lagi, di tempat mereka tinggal, ternyata terdapat sejumlah panorama alam yang indah dan menggagumkan. Tak mengherankan, sejumlah kawasan ini menjadi objek wisata andalan negeri China sampai saat ini. Berikut di antaranya:

Spoiler for Urumqi, رۈمچی , 烏魯木齊:



Penduduk asli Xinjiang berasal dari ras-ras Turki yang beragama Islam, terutama suku Uighur (45,21%) dan suku Kazakh (6,74%).Selain itu, di Xinjiang juga terdapat suku Cina Han, yang berjumlah sekitar 40,58% (sensus 2000).Persentase suku Han di Xinjiang meningkat secara drastis dari 6% saat berdirinya Republik Rakyat Cina (1949) hingga lebih dari 40% pada saat ini.
 

 


Urumqi dalam bahasa Mongol berarti 'padang rumput yang indah'. Urumqi adalah ibukota Provinsi Xijiang. Objek wisata budaya di kawasan ini di antaranya adalah Museum Xin Jian dan Masjid Yanghang alias Masjid Tartar.
 

 

 

 

Urumqi kian menebar pesona dengan panorama Gunung Tianshan dan Danau Tiachi atau Danau Langit (Heavenly Lake), yang lokasinya berada di sekeliling pegunungan salju kebiru-biruan. Di Urumqi terdapat juga kampung Muslim Kazak Yurt, yang berlokasi di tengah padang rumput. Penduduk Kazak Yurt hidup dengan mendirikan rumah-rumah tenda.
 

 

 


Spoiler for Turpan , تۇرپان ‎, 吐鲁番:



 

 

Turpan dikenal dengan pertunjukan seni nyanyian dan tarian Uygur yang dikelilingi pagar pohon anggur. Sedangkan tempat bersejarah, Turpan memiliki Masjid Su Gong Ta (Masjid Emin Minaret) --masjid terbesar di Provinsi Xian Jiang, dan sistem irigasi kuno di bawah tanah bernama Karez di kawasan Jiaohe. Di Turpan terdapat komunitas Muslim, yang dikenal dengan Muslim Uygur.
 


Spoiler for Dunhuang:



Dunhuang adalah salah satu kawasan Jalur Sutra paling penting dalam penyebaran Islam ke China. Dunhuang dikenal dengan letak geografisnya yang unik, di antara padang rumput dan kaki gunung yang indah.
 

 


Spoiler for Kashghar:



Kawasan ini begitu kental dengan kehidupan dan adat istiadat komunitas Muslim Uigur. Maklum, Kashghar adalah wilayah tempat lahirnya Suku Uigur sejak 2.000 tahun lalu. Di Kashgar terdapat Masjid Id Kah yang disebut-sebut sebagai simbol Kashgar. Masjid yang dibangun tahun 1442. Selain Masjid Id Kah, di Kashgar terdapat juga Makam Putri Wangi, sebuah makam dengan arsitektur bergaya Islam. Konon disebut begitu karena di zaman Dinasti Qing pernah hidup putri bernama Iparhan, yang tubuhnya selalu harum bunga kurma.
 

 

 

 



Spoiler for Lanzhou:



 

Lanzhou terletak di Provinsi Gansu. Populasi Muslim di kawasan ini cukup besar. Di sini terdapat masjid terbesar yang dinamakan Xiquan, yang dibangun dengan arsitektur bergaya Arab tradisional. Selain Xiquan, objek wisata lainya adalah Taman Roda Air dan Museum Gansu.
 

 

 



Spoiler for Linxia:


 

 

Linxia disebut-sebut sebagai 'Makkah Kecil' negeri Cina. Pasalnya, di sepanjang kaki gunung di kawasan ini terdapat banyak sekali kampung Muslim dengan ratusan sampai ribuan masjid yang dibangun dengan gaya perpaduan arstitektur China dan Arab. Di Linxia terdapat komunitas Muslim bernama Madrassh.
 

 

 

 

 


Spoiler for Xining:


 

 

 

Xining dibangun pada zaman Dinasti Han, dengan menampilkan ciri khas kekaisaran China bagian Barat. Masjid yang paling terkenal di kawasan ini adalah Dongguan. Kawasan Xining dikenal juga dengan keindahan Danau Asin Qinghai seluas 4.400 meter persegi. Kawasan ini lebih banyak menampilkan padang rumput yang luas dengan domba-domba yang digembalakan.
 

Semoga berguna berguna buat pengetahuan agan semua.
ISLAM itu Indah dan damai




Gan... Kata2 "Tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina" itu bukan hadits Gan. Sudah didiskusikan oleh para ulama bahwa itu hanya kata2 para Ulama jaman dahulu. Bukan hadits Rasulullah SAW. Mohon direvisi Gan. Demi umat. Ane pertama kali tau ini hadits dhoif. Belakangan pas Ramadhan Ane tau dari Imam Besar Masjid Istiqlal klw ternyata ini bukan hadits...




sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5250723


__._,_.___
Recent Activity:
" Minuman para Anbia :  http://higoat-2009.blogspot.com/"

" Anda masih mencari jodoh? Lawati http://www.myjodoh.net"

" Kertas Soalan Ramalan Matematik 2010 :  http://maths-catch.com/exam"

" Kedai Maya : http://halawahenterprise.blogspot.com/"

" Blog Sahabat RG : http://azwandengkil.blogspot.com"

Terima kasih kerana sudi bersama kami. Untuk mendapatkan maklumat lanjut tentang ReSpeKs Group, sila ke : http://respeks-group.blogspot.com.
Segala email yang tersiar melalui Respeks Group adalah tanggungjawab penulis asal email. Owner atau moderator tidak bertanggungjawab ke atas setiap email yang disiarkan dan sebarang dakwa dakwi tiada kena mengena dengan moderator group.

MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment