Thursday, August 9, 2012

RG2011... Bagaimana Hukum Mandi Junub Sehabis Imsak?

 


KOMPAS/PRIYOMBODO

TERKAIT

Pertanyaan:

Bagaimana hukumnya mandi junub setelah habis imsak pada bulan puasa?

Miftah R di Lamongan

Jawaban:

Seorang suami/istri yang ber-jima' pada malam bulan Ramadhan dan menunda mandi janabah-nya sampai masuk waktu fajar/subuh, yang demikian tidak apa-apa. Karena, sesungguhnya Rasulallah pernah ber-jima' dengan istrinya pada malam hari dan masih dalam keadaan junub di waktu subuh. Setelah itu, Rasulallah baru mandi janabah dan menjalankan puasa.

Demikian juga wanita yang haid dan nifas. Apabila keduanya suci/bersih pada waktu malam (setelah habis waktu shalat isya'), keduanya boleh menunda mandi janabah sampai waktu subuh kemudian berpuasa. Namun, keduanya tidak boleh menunda mandi janabah atau shalat sampai terbitnya matahari.
Wajib baginya bersegera mandi janabah setelah masuk waktu subuh dan menjalankan shalat tepat pada waktunya. (Syaikh bin Baaz)

DR H Setiawan Budi Utomo

__._,_.___
Recent Activity:
" Minuman para Anbia :  http://higoat-2009.blogspot.com/"

" Anda masih mencari jodoh? Lawati http://www.myjodoh.net"

" Kertas Soalan Ramalan Matematik 2010 :  http://maths-catch.com/exam"

" Kedai Maya : http://halawahenterprise.blogspot.com/"

" Blog Sahabat RG : http://azwandengkil.blogspot.com"

Terima kasih kerana sudi bersama kami. Untuk mendapatkan maklumat lanjut tentang ReSpeKs Group, sila ke : http://respeks-group.blogspot.com.
Segala email yang tersiar melalui Respeks Group adalah tanggungjawab penulis asal email. Owner atau moderator tidak bertanggungjawab ke atas setiap email yang disiarkan dan sebarang dakwa dakwi tiada kena mengena dengan moderator group.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment