Tuesday, February 8, 2011

RG09... Gaya Hidup VS Gen, Mana yang Lebih Berpengaruh Panjangnya Usia Anda ?

 

 Mana yang lebih menentukan panjangnya usia anda, faktor keturunan atau gaya hidup yang anda jalani ? Ternyata jawabnya adalah gaya hidup anda. Sesuai dengan penelitian dari University of Gothenburg baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Internal Medicine, orang sering berasumsi jika orang tuanya hidup dengan umur panjang, maka keturunanya setidaknya akan berusia sama dengan orang tuanya.

"Tapi itu tidak benar," kata profesor emeritus Lars Wilhelmsen. Lars menyatakan, faktor keturunan tidak memainkan peranan utama. "Justru faktor gaya hidup yang memiliki dampak terbesar," kata dia. Studi itu meneliti 855 lelaki yang lahir pada tahun 1913. Mereka diteliti mulai tahun 1963 atau saat usianya mencapai 50 tahun.

Mereka diperiksa kesehatan jantungnya secara berkala. Mereka juga diperiksa indeks massa tubuh, kebiasaan merokok, kolesterol, olah raga dan tekanan darah. Juga mengonsumsi kopi dengan aman, status sosial-ekonomi yang baik, kerja yang mapan, kolesterol rendah dan harapan hidupnya mencapai usia 90 tahun. Pemeriksaan dilakukan pula pada mereka saat umur mereka 54, 60, 67, 75 dan 80 tahun.

Selain itu, setiap sepuluh tahun, diperiksa pula sekelompok orang baru yang berusia 50 tahun. Kesehatan mereka lalu dibandingkan dengan kelompok lelaki lama. Ini untuk membandingkan kesehatan lelaki usia 50 tahun pada tahun 2003 dengan lelaki 50 tahun pada tahun 1963. Dari 855 lelaki yang mengambil bagian dalam studi ini dari awal, 111 orang -- 13 persen -- masih hidup pada usia 90.

Pada tahun 2008 para peneliti menemukan turunnya kebiasaan perokok, terkait turunnya kadar kolesterol dan tekanan darah rendah. Ini juga menunjukkan jumlah serangan jantung menurun selama rentang 40 tahun. Lars percaya penelitian ini menggambarkan bahwa panjangnya umur bukanlah warisan tapi itu adalah jumlah dari kebiasaan kita sendiri. "Studi ini jelas menunjukkan bahwa kita dapat mempengaruhi beberapa faktor yang menentukan berapa umur kita," kata Lars. "Ini positif tidak hanya bagi individu, tetapi juga bagi masyarakat karena tidak memerlukan biaya yang besar".

 I SCIENCEDAILY / NUR ROCHMI

http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2011/02/08/brk,20110208-311927,id.html

__._,_.___
Recent Activity:
" Minuman para Anbia :  http://higoat-2009.blogspot.com/"

" Anda masih mencari jodoh? Lawati http://www.myjodoh.net"

" Kertas Soalan Ramalan Matematik 2010 :  http://maths-catch.com/exam"



Terima kasih kerana sudi bersama kami. Untuk mendapatkan maklumat lanjut tentang ReSpeKs Group, sila ke : http://respeks-group.blogspot.com

MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment