Friday, May 3, 2013

RG2011... Las Fallas en Valencia

 

 

 

Las Fallas en Valencia (Perayaan Pembakaran Monumen Di Valencia Spanyol)
Farvel - Spanyol

 

Valencia, salah satu kota di Spanyol, mempunyai perayaan tradisional setiap tahun. Perayaan ini, dalam bahasa Spanyol, disebut Las Fallas (baca: las fayas). Karena penulis merasa sangat sulit untuk mengartikan Las Fallas ke dalam bahasa Indonesia yang cocok dan pas, maka penulis memilih terjemahan bebasnya sebagai perayaan pembakaran monumen. Semoga teman-teman yang ada di Valencia tidak akan keberatan dengan terjemahan bebas ini.

Perayaan ini dirayakan setiap tanggal 15 di bulan Maret dan puncaknya berakhir tanggal 19. Oleh sebab itu, tanggal 19 Maret di Spanyol dikenal sebagai perayaan San Jose karena perayaan ini diperingati untuk menghormati San Jose (Yusuf) si tukang kayu.

Tidak ada yang tahu pasti kapan pertama kali perayaan tradisional ini terjadi. Ada yang mempercayai kalau perayaan ini telah berlangsung di awal abad pertengahan. Dan penduduk Valencia di Spanyol merayakan perayaan ini secara turun-temurun pada bulan Maret di setiap tahunnya. Yang jelas, perayaan ini terus berlangsung hingga saat ini.

Perayaan ini sebenarnya untuk menyambut musim semi yang tinggal menghitung hari. Sehingga dibangunlah monumen-monumen yang terbuat dari kayu dan ditempatkan di setiap sudut-sudut kota. Penempatannya dimulai pada 15 maret dan tepat tanggal 19 menjelang tengah malam dibakarlah monumen-monumen tersebut sebagai tanda penduduk bersukacita dengan kedatangan musim semi.

 

Namun, kini monumen-monumen ini hanya terbuat dari gabus karena akan lebih mudah terbakar ketika api menjilati seluruh badan dari monumen yang telah terpanggang bara api. Tanpa ada kerisauan akan membakar gedung-gedung yang ada di sekitar letak monumen-monumen itu.

Untuk membangun monumen-monumen ini membutuhkan biaya yang sangat fantastik. Besarnya kira-kira lebih dari 200 ribu Euro, tergantung besar kecilnya monumen yang diinginkan. Biasanya penduduk Valencia telah mengumpulkan dana jauh sebelum perayaan ini dimulai. Tergantung dari mau tidaknya untuk ikut berpartisipasi dalam perayaan ini. Dan tiap tahun, Valencia membakar lebih dari 760 monumen, baik monumen besar maupun kecil.

Setiap penduduk di kawasan perumahan membentuk satu grup yang terdiri dari berpuluh-puluh orang. Mereka menentukan siapa perancang yang berhak untuk merancang monumen yang akan mereka tempatkan di perayaan nantinya.

Mereka juga mengadakan rapat dan menentukan tema yang akan mereka usung kelak. Sehingga setiap monumen yang dipajang mempunyai tema dan makna. Bukan sembarang monumen saja. Karena akan ada pemilihan monumen yang terbaik. Sungguh sial karena kartu memoriku setelah setengah hari jepret-jeprat tiba-tiba error. Jadi, maaf, ya KoKiers, aku tidak dapat menampilkan monumen terbaik tahun 2011. Fotonya ada di kartu memori yang error, hiks.

 

Monumen ini sendiri dirancang khusus oleh orang-orang yang telah berpengalaman dibidangnya. Seperti tahun ini, penulis sangat beruntung bisa bertemu langsung dengan seorang perancang dan pembuat salah satu monumen. Sebagian dari monumen-monumen tersebut mencapai ketinggian hingga lebih dari 25 meter. Wow!

Perancangnya bernama Juanjo Conca Marzal, sedangkan pembuatnya seorang lelaki paruh baya yang namanya sudah sangat terkenal di Valencia, Ramon Espinosa. Mereka merancang dan membangun monumen yang menurut aku berbeda dari semua monumen yang diikutkan dalam perayaan kali ini. Monumen dengan bahan asli dari kayu ini bertuliskan “PAZ” yang artinya Perdamaian.

Tidak jauh dari setiap monumen besar atau untuk orang dewasa juga ditempatkan monumen kecil atau untuk anak-anak. Dan kelak yang membakarnya adalah perwakilan dari tiap-tiap grup. Monumen orang dewasa yang membakarnya adalah perwakilan dari orang dewasa dan monumen anak-anak yang membakarnya adalah perwakilan dari anak-anak yang ada di grup tersebut.

Mereka juga mengumpulkan dana untuk membeli keperluan makanan dan minuman. Pada saat perayaan itu berlangsung, seluruh anggota dari grup ini akan membangun sebuah tenda dan menyewa meja, kursi, dan lainnya. Mereka duduk bersama untuk menyantap paella, makanan khas tradisional kota ini, yang dimasak beramai-ramai.

Sebagian dari mereka juga akan mengenakan baju-baju tradisional Valencia, baik orang dewasa maupun anak-anak. Harga baju ini bisa membuat mata terbelalak, heehee...

Perayaan Las Fallas mampu menyedot turis asing dan domestik. Berdasarkan data dari Departemen Pariwisata tahun 2010, pada tahun lalu, perayaan ini dikunjungi lebih dari 2 juta turis asing dan lokal. Pantas saja saat itu aku sangat sulit untuk mengambil foto. Terjepit diantara kerumunan turis-turis yang memadati areal monumen-monumen.

Banyaknya pengunjung yang berdesak-desakan memang sangat menakutkan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Namun jangan khawatir, di setiap sudut kota terlihat mobil-mobil polisi dan ambulan yang selalu siap siaga selama 24 jam. Sehingga seluruh pengunjung merasa aman ditengah-tengah sesaknya arus manusia yang membludak.

Diakhir acara, setelah monumen dibakar dan bara api sudah tidak tinggi lagi, grup yang mendanai monumen tersebut membentuk lingkaran dengan bergandengan tangan. Mereka bersukacita menyongsong musim semi yang sebentar lagi akan datang. Biasanya, mereka juga akan memutar lagu anthem-nya kota Valencia.

 

Perayaan pun berakhir dengan minum champagne. Grup yang selama ini telah telah bekerja sama dalam mensukseskan perayaan pun dibubarkan.

Hmm....semoga perayaan-perayaan tradisonal yang ada di Indonesia tidak akan pernah punah dikikis zaman. Mari lestarikan perayaan tradisional kita seperti penduduk Valencia yang masih melestarikan perayaan Las Fallas hingga saat ini.

 

 

.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
" Minuman para Anbia :  http://higoat-2009.blogspot.com/"

" Anda masih mencari jodoh? Lawati http://www.myjodoh.net"

" Kertas Soalan Ramalan Matematik 2010 :  http://maths-catch.com/exam"

" Kedai Maya : http://halawahenterprise.blogspot.com/"

" Blog Sahabat RG : http://azwandengkil.blogspot.com"

Terima kasih kerana sudi bersama kami. Untuk mendapatkan maklumat lanjut tentang ReSpeKs Group, sila ke : http://respeks-group.blogspot.com.
Segala email yang tersiar melalui Respeks Group adalah tanggungjawab penulis asal email. Owner atau moderator tidak bertanggungjawab ke atas setiap email yang disiarkan dan sebarang dakwa dakwi tiada kena mengena dengan moderator group.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment