Friday, September 26, 2014

RG2014... Fw: Wah, Ternyata Nyamuk juga Bermanfaat

 



Wah, Ternyata Nyamuk juga Bermanfaat

Serangga kecil yang satu ini telah menjadi musuh paling berbahaya bagi manusia. Mengapa demikian? Kerana nyamuk merupakan salah satu sumber penyakit yang berbahaya, juga dapat menghilangkan nyawa seseorang. Itulah mengapa hingga kini, nyamuk menjadi salah satu serangga yang tidak disukai.

Di balik ganasnya gigitan nyamuk, ternyata nyamuk juga memberi manfaat pada makhluk hidup lainnya . Allah menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya, begitu pula dengan nyamuk. Manfaat nyamuk bagi makhluk hidup lainnya, di antaranya:

1. Dari sisi ekonomi, maka tercipta lapangan pekerjaan melalui kilang ubat nyamuk, doktor-doktor, perawat dan lain-lain.

2. Dari sisi teknologi dan ilmu pengetahuan, maka tercipta jenis-jenis ubat nyamuk seperti, ubat nyamuk bakar, gel, obat nyamuk semburan, obat nyamuk elektronik, juga mendorong manusia untuk membuat temuan-temuan baru.

3. Dari sisi manusia, maka kita harus membuat lingkungan kita menjadi bersih.

4. Membantu proses penyerbukan tanaman koko.

5. Membantu menyebarkan bakteria Patogen.

6. Dari sisi ilmu alam, untuk memenuhi rantai makanan, kerana nyamuk juga makanan bagi binatang lain. Misalnya nyamuk di makan cicak, cicak dimakan ikan, ikan dimakan ikan lainnya yang lebih besar, dan seterusnya.

Ahli ekologi mengatakan hilangnya species nyamuk boleh berakibat:....

1. Hilangnya larva/ jentik nyamuk yang telah menjadi makanan bagi ratusan spesies ikan, menyebabkan ikan-ikan harus berganti sumber makanannya. Perubahan pola makan ini bisa mengakibatkan perubahan peta genetik/ dna dari ikan-ikan yang efeknya akan diteruskan kepada rantai makanan berikutnya, termasuk manusia.

Dalam bentuk larva, nyamuk menghasilkan substansial biomassa mulai dari ekosistem perairan, kolam-kolam hingga kepada genangan air di ban bekas. Larva-larva ini memakan daun-daun busuk, detritus organik dan mikroorganisme. Larva nyamuk menghasilkan zat nitrogen yang bermanfaat bagi tanaman.

2. Beberapa spesies nyamuk berperan dalam penyerbukan tanaman tropis seperti coklat (dilakukan oleh spesies-spesies nyamuk dari keluarga ceratopogonids), hilangnya spesies ini bisa mengakibatkan proses penyerbukan dan penyebaran tanaman coklat secara alami terhambat.

3. Nyamuk ternyata sangat membantu dan efisien didalam menyebarkan bakteri patogen. Ia bisa menularkan bakteri patogen pada seseorang kepada orang lain dengan sangat cepat.

4. Banyak ahli lingkungan percaya bahwa nyamuk suatu saat bisa kita gunakan untuk tujuan-tujuan yang baik dan bermanfaat. Usaha untuk membasmi seluruh spesies nyamuk bukannya tidak mungkin, namun ada pemikiran bahwa kesuksesan usaha ini akan membuat kekosongan/ hilangnya satu komponen pada ekosistem yang nanti posisinyanya akan digantikan/ diisi oleh sesuatu yang lain (karena ekosistem selalu berusaha untuk memulihkan fungsinya).
 

__._,_.___

Posted by: "-:eSpAcE9808:-" <rienacom@yahoo.com.sg>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
&quot; Minuman para Anbia :  http://higoat-2009.blogspot.com/&quot;

&quot; Anda masih mencari jodoh? Lawati http://www.myjodoh.net&quot;

&quot; Kertas Soalan Ramalan Matematik 2010 :  http://maths-catch.com/exam&quot;

&quot; Kedai Maya : http://halawahenterprise.blogspot.com/&quot;

&quot; Blog Sahabat RG : http://azwandengkil.com&quot;

Terima kasih kerana sudi bersama kami. Untuk mendapatkan maklumat lanjut tentang ReSpeKs Group, sila ke : http://respeks-group.blogspot.com.
Segala email yang tersiar melalui Respeks Group adalah tanggungjawab penulis asal email. Owner atau moderator tidak bertanggungjawab ke atas setiap email yang disiarkan dan sebarang dakwa dakwi tiada kena mengena dengan moderator group.


.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment